Disabilitas dan Pandangan Masyarakat

Pengertian Disabilitas

Disabilitas adalah keti­dak­mampuan untuk terlibat dalam akti­vitas penting yang berguna karena keter­batasan fisik maupun mental yang diten­tukan secara medis.
UU No. 4/1997  Psl. 1 menyebutkan bahwa penyandang disabilitas adalah setiap orang yang mempunyai kelainan fisik dan atau mental, yang dapat mengganggu atau merupakan hambatan baginya untuk melakukan kegiatan secara selayaknya, yang terdiri dari : disabilitas fisik, disabilitas mental ,serta disabilitas fisik dan mental (ganda).
Organisasi Kesehatan Sedunia (WHO) memberikan definisi disabilitas ke dalam 3 kategori, yaitu: impairment, disability dan handicap . Impairment disebutkan sebagai kondisi ketidaknormalan atau hilangnya struktur atau fungsi psikologis, atau anatomis. Sedangkan Disability adalah ketidakmampuan atau keterbatasan sebagai akibat adanya impairment untuk melakukan aktivitas dengan cara yang dianggap normal bagi manusia. Adapun handicap, merupakan keadaan yang merugikan bagi seseorang akibat adanya imparment, disability, yang mencegahnya dari pemenuhan peranan yang normal (dalam konteks usia, jenis kelamin, serta faktor budaya) bagi orang yang bersangkutan.
secara singkat World Health Organization (WHO) memberikan de­finisi disabilitas sebagai keadaan terbatasnya kemampuan untuk me­lakukan aktivitas dalam batas-batas yang di­anggap normal.
Menurut Kamus Bahasa Indonesia, kata disabilitas dapat diartikan dalam berbagai makna, seperti: 1) kekurangan yang menyebabkan mutunya kurang baik atau kurang sempurna (yang terdapatpada badan, benda, batin atau ahlak). 2). Lecet (kerusakan, noda) yang menyebabkan keadaannya menjadi kurang baik (kurang sempurna); 3). Cela atau aib; 4 ). Tidak (kurang sempurna). Dari pengertian tersebut dapat diperhatikan bahwa disabilitas dalam Bahasa Indonesia selalu dikonotasikan dengan kemalangan, penderitaan atau hal yang patut disesali/ dikasihani. Anggapan ini dengan sendirinya membentuk opini publik bahwa penyandang cacat yang dalam Bahasa Inggris disebut disabled person itu adalah orang yang lemah dan tak berdaya.
jadi kesimpulan pengertian disabilitas menurut saya adalah keti­dak­mampuan untuk terlibat dalam suatu aktivitas  yang berguna karena keter­batasan fisik maupun mental yang diten­tukan secara medis.

Pandangan masyarakat terhadap penyandang disabilitas
kebanyakan orang menganggap disabilitas adalah makhluk abnormal, seperti anak-anak, membahayakan, aneh, tidak menarik, tidak mandiri, selalu membutuhkan perlindungan, tidak produktif, anti sosial dan memiliki kesehatan yang buruk

0 comments:

Post a Comment

 
For Window 7 © 2014- All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top